Selesai Kang Emil, Giliran Sekretaris Militer Presiden “TNI Hadi Tjahjanto” Yang Permalukan Roy Suryo

LINK 200x90
336x280


Yuk SharezPolitisi Partai Demokrat Roy Suryo mempertanyakan warna merah-putih pada podium Presiden Joko Widodo saat upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2016).

Upacara itu digelar di halaman Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Roy mempertanyakan hal itu melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo, Minggu (2/10/2016) malam.

“Tweeps, Apa tidak ada yg mengkoreksi Podium Upacara ini? Dasar Merah Putih?” tulis mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Roy juga menyertakan tautan foto-foto Presiden Jokowi sedang dalam posisi hormat di atas podium berwarna merah dan putih.

Beragam komentar mengiringi unggahan Roy. Menariknya, ada netizen yang mengunggah foto SBY ketika memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tempat yang sama pada 2013 silam.

Foto itu juga diambil dari pemberitaan media. Di dalam foto itu, terlihat Presiden SBY sedang dalam posisi hormat.

KOMPAS.COM/Sandro Gatra Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013) pagi.

Podium tempat berpihak SBY juga tampak berwarna merah dan putih, sama persis seperti podium Presiden Jokowi.

“Podium Pak Jokowi sama dengan Pak SBY dulu,” tulis akun bernama @LieDetectorID.
Masalah yang sama juga ramai dibicarakan di media sosial.

Bukan bendera

Sekretaris Militer Presiden Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan, yang perlu dipahami adalah warna merah putih bukan selalu bendera.

Dalam Undang-Undang tentang Bendera Kebangsaan, yang dimaksud dengan bendera RI adalah kain berukuran 2×3 berwarna merah dan putih dan dikibarkan di tiang bendera.
“Di luar dari ketentuan tersebut adalah bukan bendera RI,” ujar Hadi saat dikonfirmasi Kompas.com.

Artinya, tidak menjadi soal apabila podium berwarna serupa dengan bendera dan menjadi pijakan seseorang di atasnya.

Lagipula, sebenarnya Jokowi berpijak pada karpet berwarna merah. Hanya, karpet warna merah itu sebelumnya dilapisi dengan kain putih yang lebih lebar sehingga jika dilihat, Jokowi seperti berpijak pada merah-putih, padahal bukan.

“Karpet merah itu memang berlaku untuk seluruh tamu kehormatan,” ujar Hadi.



sumber : kompas.com
336x280
loading...

0 Response to "Selesai Kang Emil, Giliran Sekretaris Militer Presiden “TNI Hadi Tjahjanto” Yang Permalukan Roy Suryo"

Post a Comment