Amalan Dan Doa Doa Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam.. Tolong Sebarkan Ini Ke Ibu-Ibu Hamil Agar Persalinannya Lancar.. Amin..

LINK 200x90
336x280


Yuk SharezAnak merupakan amanah Allah yang harus benar-benar dijaga, bahkan menjaganya sejak ia masih berada didalam kandungan ibunya. Ketika telah mengetahui bahwa seorang ibu tengah hamil, maka hendaknya mulai menjaga dan menanamkan aqidah kepada calon buah hatinya dengan mengamalkan sunnah-sunnah. Banyak sekali amalan sunnah yang bisa dilakukan oleh ibu hamil juga doa-doa untuk keselamatan, permohonan kesempurnaan dan kebaikan pada calon buah hati.

Berikut ini, admin akan berbagi ilmu dan pengetahuan tentang amalan apa saja yang disunnahkan bagi ibu hamil dan apa saja doa-doa yang bisa diamalkan ketika sedang hamil.

Amalan Dan Doa Doa Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam

Inilah amalan-amalan sunnah yang sangat baik diterapkan bagi ibu yang tengah mengandung.

Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan bagi ibu hamil, karena anak yang dikandungnya secara langsung akan terlatih dan terbiasa dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan harapan agar kelak anak yang terlahir menjadi anak yang berakhlakul karimah dan mencintai Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an lebih baik dari awal hingga akhir dan terus diulangi. Akan lebih baik jika selama mengandung, bisa khatam berkali-kali. Adapun surat-surat pilihan yang sangat baik diamalkan bagi ibu hamil diantaranya: Surat Maryam; Yusuf; Al-Kahfi; Al-Waqiah; Ar-Rohman; Luqman; At-Taubah; al-Mulk; An-Nahl.

Surat-surat tersebut diamalkan atau dibaca bagi ibu hamil agar memperoleh keturunan yang cerdas, cantik dan tampan, berbakti kepada orangtua, berakhlak baik dan taat kepada Allah SWT.

Banyak bersyukur
Ingat kembali bahwa anak adalah anugerah terindah yang diberikan Allah kepada kita, oleh karenanya janganlah menyia-nyiakan kehadirannya. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan mengucap hamdalah “Alhamdulillah” dan tanda syukur yang dibuktikan dengan sikap dan perbuatan yang baik dengan menjaga dan merawat si jabang bayi sampai ia terlahir ke dunia juga bertanggungjawab atas amanah Allah dengan mendidiknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Memperbanyak doa dan dzikir
Inilah doa-doa dan dzikir yang  bisa diamalkan oleh ibu hamil.

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (keturunan) yang termasuk golongan orang-orang shaleh“. (QS. As-shaffaat: 100)


Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku“. (QS. Ibrahim: 40)


Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa“. (QS. Al-Imran: 38)


Artinya: ” Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyejuk matahati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa“. (QS. Al-Furqan : 74)

Berikut ini beberapa contoh dzikir yang bisa diamalkan, baik setelah sholat ataupun ketika memiliki wudhu, untuk jumlahnya sebisa dan semampunya, bisa 100 kali atau lebih setiap berdzikir.

Membaca “Rabbi Yassir Walaa Tu’assir” agar dimudahkan dalam segala urusan atau diberikan kelancaran dan kemudahan pada masa-masa kehamilan dan saat proses persalinan.

Artinya: “Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit“.

Ketika membaca atau mengamalkan “Rabbi Yassir Walaa Tu’assir“, hendaknya hati sambil memohon dan menghayati maknanya, mintalah kepada Allah Yang Maha Mendengar agar memberikan kemudahan dan kelancaran saat proses persalinan nanti. Jenis dzikir ini sangat baik dan dianjurkan sejak mengetahui bahwa dirinya tengah hamil.

Selain itu juga ada dzikir seperti membaca basmalah, yang bisa diamalkan setiap ba’da sholat, mintalah kepada-Nya apa yang diinginkan.

Menjaga sikap dan perbuatan
Ibu hamil hendaknya berhati-hati dengan lisannya, jagalah lisan dari perkataan dan ucapan kotor, tidak baik dan tercela. Begitupun dengan perbuatan atau tingkah laku, semuanya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Karena hormon pada ibu hamil akan mengalami peningkatan, sehingga emosinya tidak stabil dan bisa membuat ibu hamil stres, kesal, bad mood, dan lain sebagainya. Hindari hal-hal yang dapat memicu kemarahan.

Meningkatkan kualitas ibadah
Hal ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi ibu hamil yang mendambakan anak sholeh, cerdas dan patuh kepada orangtuanya kelak. Seorang ibu hendaknya membaguskan dan meningkatkan kualitas ibadahnya seperti sholat lima waktu yang biasanya dilakukan diakhir waktu menjadi lebih rajin dilakukan setelah adzan atau diawal waktu, yang biasanya membaca Al-Qur’an seminggu sekali, bisa meningkat setiap selesai sholat lima waktu, biasanya sholat tahajud jarang-jarang, jadi rutin. Lebih mencintai al-Qur’an baik dengan cara membacanya, menghafalnya ataupun memperdengarkan murottal kepada janin yang dikandungnya. Senang membaca sholawat, dzikir pagi dan petang, dan meningkatkan semua kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukannya.

Itulah beberapa Amalan Dan Doa Doa Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam yang dapat dipraktekkan dan diamalkan di rumah, semua itu dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dan doa yang dilakukan ibu sebagai tanda syukur kepada Allah atas kepercayaan-Nya kepada kita untuk menjaga dan mendidik anak-anak menjadi anak-anak yang beriman, bertaqwa, sholeh dan sholihah. Semoga apa yang diharapkan, akan Allah ijabah. Teruslah berusaha, perbanyaklah berdoa dan berakhlakul karimah. Semoga dimudahkan segala urusannya. Aamiin yaa robbal’aalamiin.



sumber : http://www.catatanmuslimah.com/2016/11/amalan-dan-doa-doa-ibu-hamil-sesuai-ajaran-islam.html
336x280
loading...

0 Response to "Amalan Dan Doa Doa Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam.. Tolong Sebarkan Ini Ke Ibu-Ibu Hamil Agar Persalinannya Lancar.. Amin.."

Post a Comment