Terungkap! Inilah Rahasia Besar dari Tanggal Kedaluwarsa Makanan yang Jarang diketahui Umum

LINK 200x90
336x280


Yuk SharezDi era globalisasi ini, makanan praktis dan murah menjadi pilihan masyarakat modern. Hal ini disebabkan lantaran banyak masyarakat yang terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk menyiapkan makanan olahan sendiri dan memilih makanan kemasan yang dianggap sangat praktis.

Masyarakat yang membeli makanan ini, dianjurkan untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa atau yang biasa dengan expired date. Pertanyaan pun muncul pada tanggal yang ditetapkan, apakah benar akurat dan batas akhir harus benar-benar tidak boleh dikonsumsi?

Kebanyakan masyarakat akan menghindari makanan jika masa kedaluwarsanya sudah terlewat. Namun, itu tidak benar!

Ada beberapa faktor makanan kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa.

Pertama, pencantuman tanggal kedaluwarsa didasari untuk mempertimbangkan kesegaran makanan yang ada di dalam kemasan, bukan karena keamanannya. Biasanya, ada tanda bertuliskan BEST IF USED BEFORE DATE. Contohnya untuk makanan jenis roti yang berada di minimarket pasti akan tertera tanggal kedaluwarsanya. Sebenarnya, tetap boleh mengonsumsinya lebih dari tanggal kadaluwarsa tersebut. Namun, jangan mengkonsumsinya sampai lewat berhari-hari lamanya. Kesegaran produk dapat dicek dengan melihat fisik dan kelayakan, apakah masih lumayan segar atau sudah membusuk dan tidak layak konsumsi, seperti yang dikutip dari merdeka.com.

Kedua, tertera tulisan ‘SELL BY’, menunjukkan bahwa produk tersebut benar-benar untuk toko. Artinya, tanda bahwa sampai kapan produk tersebut dapat dijual kepada para pengecer. Bukan menunjukkan batas rusak atau busuknya produk. Jadi meskipun sudah lewat tanggal, barang tersebut masih dapat dikonsumsi meskipun ada anjuran bahwa membeli makanan sebelum melewati tanggal.

Ketiga, apabila produk tersebut bertuliskan BEST IF USED BEFORE, maka dapat di konsumsi secara maksimal dan dapat dinikmati dengan rasa terbaik atau kualitas paling bagus ketika mengonsumsi makanan tersebut. Tanggal tersebut bukan menunjukkan kedaluwarsa yang artinya sudah busuk dan tidak layak makan. Sehingga jangan sampai tertipu karena produk itu masih tetap dapat dikonsumsi meskipun sudah melewati tanggal yang ditetapkan. Namun kesegaran dan kualitas makanan sudah berkurang.

Dan yang terakhir produsen memberi tanda EXPIRED DATE pada kemasan. Yang artinya, makanan masih diperbolehkan dikonsumsi apabila masih lewat sehari atau dua hari saja. Namun, jangan sampai melewati batas tersebut sampai berhari hari bahkan berbulan bulan. Meskipun hanya berpengaruh dengan kesegaran makanan, namun produk tersebut tidak bisa dipastikan sudah terhindar dari kebusukan.

Oleh sebab itu, sebaiknya tetap mengonsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Yang paling penting harus memperhatikan tanda USED BY atau SELL BY DATE saja. Karena banyak masyarakat yang terjebak antara dua kode ini.



sumber : https://yaku-shares.blogspot.com/2016/10/terungkap-inilah-rahasia-besar-dari.html
336x280
loading...

0 Response to "Terungkap! Inilah Rahasia Besar dari Tanggal Kedaluwarsa Makanan yang Jarang diketahui Umum"

Post a Comment